PJ Bupati OKU: Kepala Desa Diharapkan Mampu Merangkul Semua Elemen Masyarakat 

BATURAJA,CAHAYAPENANEWS.COM-Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah mengatakan, bahwa pelantikan kepala desa merupakan sesuatu yang sakral dan sudah dinanti-nantikan serta ditunggu-tunggu oleh para Kades terpilih.

Tiga Dari Kiri Adalah PJ Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah Bersama Unsur Forkopimda OKU

Kepala desa yang telah dilantik menurut Teddy, adalah milik masyarakat. Untuk itu dalam menjalankan amanah  harus bisa membagi waktu untuk masyarakat.

” Karena ini tanggung jawab yang diberikan kepada Kades yang terpilih untuk selalu melayani masyarakat. Amanah ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya,” terang Teddy.

PJ Bupati OKU berharap kepada para  kepala desa yang telah dilantik agar mampu merangkul semua elemen masyarakat yang ada di desa dan menghilangkan perbedaan hingga dapat bergandengan tangan untuk membangun dan memajukan desa.

Teddy juga meminta para kepala desa untuk tidak mudah mengganti perangkat desa, karena perangkat desa sebelumnya telah memiliki pengalaman dan bahkan mungkin telah memiliki sertifikasi, selagi perangkat desa tersebut masih dapat di bina dan dapat bekerjasama. Hal itu dia katakan usai melantik limapuluh tujuh kepala desa terpilih hasil pemilihan serentak tahun 2022, bertempat di Gedung Kesenian Baturaja, Jum’at (16/12/22).

” Setelah dilantik, mulailah melakukan inovasi dan terobosan. Kami berharap semua desa yang ada di Kabupaten OKU ini dapat mewujudkan desa mandiri pangan. Pemerintah daerah siap membantu dan mendampingi kepala desa dalam mewujudkan desa mandiri pangan di desa masing-masing,” ungkap Teddy.

Dalam kesempatan itu juga, PJ Bupati OKU berpesan kepada kepala desa, agar dalam penggunaan dana desa kiranya selalu berhati-hati, karena banyak yang mengawasi dalam pengelolaan dana desa.

” Kerjakan apa yang patut dikerjakan dan buat skala prioritas. Seperti hasil rilis dari KPK beberapa bulan yang lalu, tercatat 686 Kades yang bermasalah karena penyalahgunaan dana desa. Untuk itu ikuti aturan dan ketentuan, karena ini mengandung konsekuensi dan tanggung jawab bagi Kades. Kepada ibu-ibu PKK desa hendaknya dapat selalu mendampingi dan mensupport Kades dalam menjalankan tugas, hingga Kades mampu melakukan perubahan, memajukan dan mensejahterakan serta memakmurkan masyarakat di desa masing-nasing,” harap Teddy.

Dimomen yang sakral itu, PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah mengucapkan, selamat bekerja kepada para kepala desa yang baru dilantik.

“Mudah-mudahan dalam menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab dalam rangka untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di desanya masing masing. Pada Tahun 2024 nanti kita akan memasuki tahun politik. Para kades untuk dapat bersikap netral dan tidak memihak salah satu calon tertentu. Secara jabatan tidak boleh, karena ada aturan yang mengatur hal tersebut,” unkap Teddy.

Dalam kesempatan itu pula, PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah juga memberikan piagam penghargaan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Kedondong Kecamatan Peninjauan, atas partisipasinya mensukseskan pemilihan ulang kepala desa beberapa waktu. (zen)

Exit mobile version