News  

Satgas Yonif 742 Kibarkan Bendera Disepanjang Patok Perbatasan RI

Personil TNI Kibarkan Bendera Merah Putih

Belu, cahayapenanews.com-Personil TNI penjaga wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur bersama masyarakat wilayah perbatasan terlihat kompak mengibarkan bendera merah putih di sepanjang wilayah perbatasan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur dengan Timor Leste. Selasa, (17/8/2021).

Personil Penjaga Wilayah Perbatasan RI yang Kibarkan Bendera Merah Putih Diwilayah Perbatasan Sektor Timur Indonesia

Dalam rilis tertulis Penerangan Satgas Yonif 742/SWY, Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Dansatgas usai mengikuti Upacara Detik-detik Prokalmasi di Mako Satgas Kelurahan Umenan Kecamatan Atambua Barat mengatakan, bahwa pengibaran bendera merah putih di wilayah perbatasan tersebut sengaja dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan negara kita yang ke 76 tahun 2021.

“Hari ini pengibarannya dilakukan di 554 patok perbatasan baik patok PBN, CBDRF dan patok BSP yang tersebar di sepanjang 149 km wilayah perbatasan Kabupaten Belu sebagai wujud syukur dan bangga menjadi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Untuk menghidari kesalahfahaman dengan pihak negara tetangga, sambung Bayu Sigit, pengibaran bendera merah putih tersebut jauh sebelumnya sudah dikoordinasikan oleh anggota pos jajaran Satgas Pamtas Yonif 742/SWY dengan personel Unidade Patrolhamento de Frointeiras (UPF) sebagai penjaga terdepan wilayah perbatasan dari negara Timor Leste sehingga bisa berjalan aman dan lancar.

Ia juga menyampaikan, keterlibatan masyarakat dalam pengibaran bendera merah putih kali ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat juga mengetahui batas-batas kedua negara yang ditandai dengan tiga macam patok yang memiliki perlakukan berbeda, sehingga diharapkan masyarakat tidak ada yang melakukan pelanggaran batas wilayah kedua negara, ujarnya.

Dihadapkan dengan kondisi bangsa saat ini yang tengah menghadapi pandemi Covid-19, menurut Dansatgas bahwa seluruh rakyat Indonesia tidak terkecuali masyarakat di wilayah perbatasan harus memiliki nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah seperti yang dicontohkan para pejuang kemerdekaan untuk terus maju bersama-sama menghadapi tantangan untuk mencapai masa depan yang lebih baik sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini yaitu Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

“Mari kita hadapi pandemi Covid-19 ini secara bersama-sama, serentak dalam satu Gerakan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatann dan mengikuti vaksinasi Covid-19 sehingga Indonesia bisa keluar sebagai pemenang,” pungkasnya. #Dispenad/Red#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.