News  

PLH Bupati OKU Kunjungi Seameo Biotrop

Bogor, Cahayapenanews.com-PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy bersama PLT Kepala Dinas Pendidikan Alfarizi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Chandra Dewana, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ulia Mahdi, Kadin Pertanian, Kadin Ketahanan Pangan, Kadin Perikanan dan Peternakan, serta Kadin PMD Kabupaten OKU melaksanakan kunjungan Kerja Ke Seameo Biotrop ruang Jati Gedung Utama Lantai 2 Bogor,Selasa (19/04/2022).

Seameo Biotrop (Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology) adalah lembaga regional yang berada di bawah struktur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan merupakan salah satu dari 26 lembaga atau pusat di bawah koordinasi Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara (Southeast Asian Ministers of Education Organization/Seameo).

Seameo Biotrop melaksanakan tiga kegiatan utama, yaitu Penelitian bidang biologi tropika, Peningkatan kapasitas SDM dalam bidang biologi tropika, serta Penyebaran informasi dalam bidang biologi tropika.

Disamping itu Seameo Biotrop merupakan organisasi Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara di bidang pertanian.
Pemerintah Kabupaten OKU telah melaksanakan penandatanganan MoU dengan Biotrop sejak tahun 2021.

Kunjungan kerja ini dalam rangka tindak lanjut MoU tahun 2021 yang lalu, rombongan diterima Direktur SEAMEO BIOTROP Dr. Zulhamsyah Imran di IPB Bogor.

Kunjungan kerja kali ini berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan Agro Techno Park di Kabupaten OKU yang direncanakan pembangunan di lahan Pemerintah Kabupaten OKU seluas 4,6 Hektar.

Dalam kesempatan itu PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Mengatakan bahwa, diharapkan dengan pembangunan dan pengembangan Agro Techno Park Kabupaten OKU dapat menjadi lahan terpadu sektor pertanian, perkebunan dan perikanan serta peternakan untuk wahana media belajar edukasi peningkatan promosi dan diseminasi teknologi yang memberikan manfaat kepada masyarakat OKU.

Disamping itu, pengembangan teknologi tepat guna berbasis biologi tropika untuk pemberdayaan masyarakat, termasuk didalamnya pengembangan pertanian perkotaan. pengembangan sektor pertanian, pemetaan kerawanan pangan dan kami ingin lebih dari itu. Teddy Meilwansyah menginginkan Kabupaten OKU menjadi salah satu pusat pengembangan Agro Techno Park apalagi cakupan Seameo sampai ke Asia Tenggara.

“Semoga ini awal kerja sama yang baik. Kerja sama ini sangat diperlukan Pemkab OKU terutama terkait pertanian berbasis tehnologi untuk kepentingan riset pengembangan potensi sektor pertanian. “Selama ini potensi sektor pertanian menjadi salah satu unggulan, hal ini diperlukan konsep dan kajian ilmiah dan saya ingin kita bisa fokus pada isu-isu yang sedang dikerjakan”, papar Teddy Meilwansyah.(Protokol&Komunikasi Setda OKU/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.