PLH Bupati OKU Hadiri Acara Pembukaan Lomba Kesenian Saropol Anam Tingkat Kabupaten

PLH Bupati OKU Edwar Candra

Baturaja, cahayapenanews.com-PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., menghadiri acara pembukaan lomba Kesenian Tradisional hadrah/Terbangan/Syarofal Anam Tingkat Kabupaten OKU bertempat di Halaman Kantor Desa Pusar Selasa (4/1/2022).

PLH Bupati yang didampingi oleh Kadin Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc disambut meriah oleh masyarakat setempat.

Menurut ketua Pelaksana Arnold Darminsyah, dalam sambutannya, bahwa lomba kesenian tradisional hadrah/ terbangan/syarofal anam tingkat Kabupaten OKU dilaksanakan mulai dari tanggal 4 -10 Januari 2022.

Adapun peserta lomba diikuti oleh tiga puluh kelompok yang berasal dari masing-masing desa se-Kabupaten OKU. dengan jenis perlombaan yaitu robana, marawis, syarofal anam dan burdah.

Sementara itu Kepala Desa Pusar Zainudin dalam sambutan nya mengatakan, bahwa kegiatan lomba kesenian tradisional hadrah/ terbangan/ syarofal anam tingkat Kabupaten merupakan salah satu wujud upaya dalam melestarikan kesenian dan budaya tradisional di kabupaten OKU,” selamat berlomba untuk para peserta, tampilkan yang terbaik dihadapan juri. Menang kalah bukanlah persoalan, namun yang terpenting adalah bagaimana kita mampu melestarikan budaya adat istiadat yang kita miliki,” ungkapnya.

Kepala Desa Pusar Zainudin

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc., mengatakan bahwa untuk membangun destinasi wisata ada tiga hal yang harus diperhatikan, antara lain Fasilitas, bagaimana pengelola mampu melengkapi kebutuhan dan fasilitas pendukung bagi wisatawan, Aksesibilitas yaitu jalan menuju ke destinasi tidak perlu mulus namun mudah dilewati dan aman bagi wisatawan, serta Atraksi yaitu mengundang orang untuk datang ketempat lokasi destinasi wisata.

” tak kalah pentingnya dalam membangun wisata agar tidak memikirkan keuntungan/pendapatan terlebih dahulu, jika seseorang memakai prinsip demikian dalam membangun wisata maka hal tersebut merupakan indikator awal dari sebuah kegagalan”

Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Prov Sumsel Auf Syahrizal

Menurut Aufa, diketahui bersama bahwa Desa Pusar ditahun 2021 meraih Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2021 dengan kategori souvenir, dalam menindaklanjuti penghargaan yang telah didapat. Dia berpesan agar kepala desa serta masyarakat agar dapat menjadikan Desa Pusar sebagai pusat sentra industri untuk Kabupaten OKU.

” Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel telah membentuk Organisasi Masata (Masyarakat Sadar Wisata) dimana berisikan orang memiliki pribadi peduli terhadap pariwisata. Sehubungan dengan hal tersebut kiranya Kadin Pariwisata Kabupaten OKU dapat membentuk hal yang serupa dengan mencari orang yang benar2 peduli dengan wisata,’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan bahwa Kabupaten OKU memiliki potensi kaya akan wisata. Tantangan terbesar kita adalah bagaimana bersama masyarakat dapat mengembangkan hal tersebut terutama pada bidang ekonomi pariwisata.
Menganai infrastruktur sebagai penunjang pariwisata tentunya akan menjadi fokus Pemerintah Kabupaten OKU kedepannya.

” Dalam melakukan sebuah pembangunan Desa wisata tentunya kita harus memiliki prinsip Desa Pasti yaitu : Partisipasi, Partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam mendorong kemajuan wisata di Desa, Aktif, artimya masyarakat harus aktif dalam mengambil bagian dari kemajuan Desa wisata, Sinergi, Sinergi dapat dilakukan oleh Pemerintah Desa dengan merangkul masyarakat dan pihak lainnya untuk membangun desa dan wisata, kemudian Transparan, Pemerintah Desa harus bersifat transparan dalam hal pengelolaan pembangunan desa serta Inovasi, Pemerintah Desa kiranya dapat memberdayakan dan mendorong para pemuda untuk ikut serta dalam pengembangan/pembangunan desa,”

PLH Bupati sangat mengapresiasi dan merasa bangga terhadap Pemerintahan Desa Pusar, dia berharap kedepan kiranya pemuda dapat ikut ditampilkan dalam penyelenggaraan acara tersebut, harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Asisten 1 Setda OKU, OPD Terkait, PLH Ketua TP. PKK OKU, Camat Baturaja Barat, Kapolsek, Danramil, Perangkat Desa Pusar beserta BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Pokdarwis serta para tamu undangan Lainnya.# Humas OKU/zen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.