PLH Bupati OKU Siap Membantu Permasalahan Warga Desa Pusar, Janggal Pihak PT SMBR Tidak Hadir Dalam Acara Dialog Bersama Gempur

  • Bagikan

Baturaja, cahayapenanews.com- PLH Bupati OKU H Teddy Meilwansyah bersama Fokopimda mengadakan dialog dengan masyarakat Desa Pusar yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Pusar Bersatu (GEMPUR). Dialog berlansung diruang induk Rumah Dinas Bupati OKU, Senin malam (14/3/2022).

Namun terdapat kejaggalan dalam pertemuan itu dikarenakan pihak dari PT Semen Baturaja dari awal hingga acara selesai tidak satu orang pun perwakilan pihak dari mereka yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam dialog tersebut diketahui terdapat beberapa hal permasalahan yang terjadi antara Pihak PT Semen Baturaja dan Masyarakat Pusar diantaranya,
Pembohongan yang dibuat oleh pihak PT Semen Baturaja kepada warga yang telah menjual lahan di PHK secara sepihak.

Koordinator aksi Gerakan Masyarakat Pusar Bersatu (GEMPUR) Boby Pranata mengatakan,” Seharusnya berdasarkan perjanjian pada saat menjual lahan, ada keluarga penjual lahan yang diterima bekerja, namun mereka ini ternyata di PHK secara sepihak.

Kemudian menurut dia, ada pula masalah CSR kesejahteraan warga, dimana terhitung dari tahun 2019 sampai sekarang belum ada dana kompensasi yang dikeluarkan oleh pihak PT Semen Baturaja. Bahkan yang lebih memprihatinkan terkait permasalahan lingkungan, dikarenakan pada tahun 2015 warga melaporkan tentang keretakan rumah, dampak dari getaran ledakan dinamit PT Semen Baturaja, meskipun hal dimaksud sudah ditindaklanjuti oleh Pihak perusahaan namun menurut Boby belum sesuai dengan keinginan warga. Bahkan akibat dari kegiatan tambang bukan hanya keretakan rumah, air sumur juga ikut mengering ungkap nya.

Sementara itu, ketua BPD Pusar Garsubi dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa, pusar adalah wilayah ring 1 dari PT Semen Baturaja, berdasarkan Fakta tersebut sudah sepantasnya pihak perusahaan untuk mensejahterakan masyarakat Desa pusar, terang dia.

Menanggapi keluh kesah warga Desa Pusar, PLH Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah menegaskan, terkait tujuan audiensi adalah untuk menyamakan persepsi guna penyelesaian masalah yang ada. “Diharapkan masyarakat Desa Pusar agar dapat bersabar terlebih dahulu dan menerima apa yang telah ditawarkan oleh pihak PT. Pada prinsipnya selaku kepala Daerah yang berlatar belakang asli putra Daerah, akan membantu penyelesaian masalah yang terjadi. Demikian diharapkan juga masyarakat desa pusar untuk dapat memberikan waktu kepada Forkopimda OKU guna menjalin Komunikasi kepada Pihak PT SMBR,” Tegasnya.

PLH Bupati OKU menambahkan, hendaknya masyarakat jangan ragu, karena dalam beberapa waktu yang akan datang mudah-mudahan hasil tindak lanjut audiensi yang telah dilaksanakan akan keluar, “Terimakasih kepada masyarakat pusar yang sudah mau mendengarkan dan telah sepakat tidak melakukan unjuk rasa lanjutan”,tambah nya.

Kapolres OKU AKBP Agus Purnomo,SIK

 

Dalam Dialog tersebut Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo menyampaikan, bahwa Kodim 0403/OKU dan Polres OKU memiliki Prinsip untuk selalu menjaga Kamtibmas di wilayah Kab.OKU khususnya di Desa Pusar agar tetap dalam keadaan kondusif.

“Polres dan Kodim 0403/OKU merupakan penyeimbang atas permasalah yang terjadi, Kami meyakini upaya yang akan dilakukan oleh Plh Bupati dan Forkopimda OKU akan bermuara kepada Keadilan dan kesejahteraan masyarakat Desa pusar,”ucapya.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0403/OKU, Kapolres OKU, Asisten 1 Setda OKU bidang pemerintahan, Kasat Intelkam, Kakan Kesbangpol OKU, Camat Baturaja Barat, dan Kepala Desa Pusar.#zen

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.