Gerak Cepat Relawan YPN Berikan Bantuan Kesehatan Kepada 2 Warga Ulak Lebar Yang Berjuang Melawan Penyakit

BATURAJA, CAHAYAPENANEWS.COM- Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang juga selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten OKU Yudi Purna Nugraha,SH (YPN) melalui tim relawannya bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Geram Banten memberikan bantuan kesehatan kepada 2 warga Desa Ulak Lebar Kecamatan Ulu Ogan, Minggu (30/7/23).

Gerak cepat tim relawan YPN berawal ketika ketua koordinator relawan YPN di bidang kesehatan, Sampurna yang juga selaku ketua LMS Geram OKU menerima laporan dari Kepala Desa (Kades) Ulak Lebar terkait adanya 2 warganya yang tengah berjuang melawan penyakit ditengah keterbatasan yang sangat membutuhkan uluran tangan dari semua pihak.

Dikatakan Sampurna, ada 2 orang warga Desa Ulak Lebar yang tengah menderita sakit yaitu, Aldo Novanza (10) yang menderita kelainan kelamin sejak lahir serta Ali Muazin (44) terbaring lemah lantaran melawan penyakit yang dideritanya.

“Kami berupaya untuk memberikan bantuan pendampingan agar kedua warga Desa Ulak Lebar ini segera mendapat pelayanan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten OKU, sebab masyarakat memiliki hak untuk menerima pelayanan kesehatan yang layak sesuai dengan amanat Undang-Undang. Atas dasar itu, kami selaku relawan YPN akan berupaya untuk memberikan bantuan pendampingan sampai mereka mendapat perawatan kesehatan secara layak,” tegas Sampurna.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya dengan didampingi perangkat Desa Ulak Lebar mendatangi kedua warga yang tengah sakit tersebut untuk memberikan pendampingan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dari pihak Pemerintah.

“Selain memberikan pendampingan untuk keperluan administrasi untuk pengurusan jaminan kesehatan berupa BPJS, kami juga memberikan dukungan secara moral baik itu kepada si pasien maupun pihak keluarga sebagai kekuatan secara pisikologis untuk melawan penyakit,” kata dia seraya menambahkan, pihaknya melakukan jemput bola langsung untuk mempermudah pengurusan BPJS lantaran kondisi keluarga pasien tidak memungkinkan untuk mengurus administrasi ke Baturaja.

Sementara itu, Hartono Yadi selaku orang tua dari Novanza mengungkapkan rasa keputusasaan drinya dalam membiayai pengobatan anaknya tersebut. Dia mengungkapkan dirinya sudah pasrah, bahkan upaya untuk mendapatkan jaminan BPJS pernah dilakukan namun tidak berhasil.
“Kami sudah pasrah untuk mendapatkan jaminan BPJS agar anak kami bisa dirawat, bahkan dulu kami pernah dikunjungi oleh PJ Bupati OKU, tapi sampai hari ini kami belum juga mendapatkan BPJS,” ungkapnya.

Dengan adanya tim relawan YPN yang datang secara khusus ke kediamannya tersebut, dirinya berharap agar anaknya dapat mendapatkan perawatan melalui BPJS, mengingat faktor ekonomi yang tidak memungkinkan anaknya untuk dirawat secara layak di rumah sakit.
“Kami sangat berterimakasih kepada YPN melalui relawannya yang telah berjuang untuk anak kami. Sebagai masyarakat kecil, kami sangat berharap agar kiranya anak kami ini bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan perawatan yang layak. Terimakasih pak Yudi hanya Allah yang dapat membalas budi baik dan ketulusan nya,” pungkasnya dengan rona mata berkaca-kaca lantaran merasa haru atas kedatangan Timur relawan YPN. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ypn