Rakerda KONI OKU Bahas Permasalahan Status Keanggotaan dan Cabang Olahraga

BATURAJA,CAHAYAPENANEWS.COM-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Ogan Komering Ulu menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Bimbingan Teknis, di Aula Hotel Grand Kemuning, Senin dan Selasa (4-5 Desember 2023).

Ketua Pampel Rakerda H.Imron Husni melaporkan, Rakerda dan Bimtek diikuti oleh Perwakilan dan Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) dibawah naungan KONI OKU.

Dasar kegiatan Rakerda Tahun 2023 mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KONI tahun 2020, program kerja KONI tahun 2023 dan SK KONI Kabupaten OKU Nomor 106/17/SK/KN/XI/2023 tanggal 9 November 2023 tentang panitia kegiatan rakerda tahun 2023.

Adapun tujuan diselenggarakannya rapat kerja daerah KONI Kabupaten OKU tahun 2023 pertama, untuk menyampaikan laporan kerja dan kebijakan KONI Kabupaten OKU.

Kedua, untuk menetapan dan mengesahkan cabang-cabang olahraga sebagai anggota KONI yang baru.

Ketiga, untuk membahas program kerja KONI Kabupaten OKU tahun 2024. Dan keempat untuk membahas dan memutuskan segala permasalahan yang menyangkut setatus keanggotaan KONI.

“Peserta Rakerda KONI OKU yakni pengurus KONI Kabupaten OKU, utusan dari setiap anggota (cabor) berjumlah 45 Cabor dan undangan lainnya,” ujar Imron.

Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) KONI OKU 2023 dibuka oleh Sekda OKU Darmawan Irianto mewakili Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah.

Diketahui beberapa hari sebelum pelaksanaan Rakerda, pihak panitia telah menyampaikan undangan kepada 48 Cabang Olahraga (Cabor).

Akan tetapi, berdasarkan absensi kehadiran terhitung hanya ada 45 Cabor yang hadir dalam Rapat Kerja Daerah tahun 2023.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua KONI OKU M Fahrudin mengatakan kepada para peserta Rakerda maupun Bimtek agar mengikuti kedua kegiatan tersebut dengan serius.

Fahruddin juga menyampaikan bahwa Rakerda ini, pertama untuk konsolidasi kepengurusan dan memantapkan struktur pembagian kerja sesuai dengan bidangnya demi kemajuan Koni Kabupaten OKU.

Kedua, untuk mengevaluasi program kerja dan kinerja Pengcab dari sisi kelembagaan, prestasi dan penggunaan anggaran.

Ketiga memantapkan rencana kerja dan program kegiatan even olahraga untuk tahun 2024.

“Kita sudah melakukan langkah-langkah pembenahan organisasi agar KONI semakin cepat dan efisien dalam menggerakkan roda organisasi. Namun struktur pengurusan dirasakan belum seimbang dengan kemampuan alokasi dana yang kita terima. Sehingga nampaknya memang harus tetap dilakukan efisiensi dan perampingan struktur kepengurusan,” ujar Fahruddin.

Kemudian kinerja bidang-bidang kepengurusan Koni harus dimaksimalkan agar semua program kerja bisa lebih nyata dan berhasil.

“Selain dari itu kita juga harus mencari sumber penerimaan lainnya untuk mendukung even-even olahraga dari pihak BUMN dan BUMD atau setidaknya sponsor utama untuk even olahraga tertentu tertentu termasuk pembinaan cabor andalan,” papar Fahruddin.

Fahruddin menambahkan Pengcab olahraga dalam lingkungan KONI terus bekerja keras dan ciptakan atlet-atlet berbakat yang bisa diandalkan untuk mencapai prestasi. Serta agar lebih rutin lakukan latihan-latihan teknis, dan harus rutin melaporkan kendala yang dihadapi.

“Melalui rakerda kita saat ini saya sangat mengharapkan dan memberikan kesempatan yang luas pada para pengurus khususnya kepada bidang Kepala Bidang dan ketua pengcab olahraga untuk menyampaikan laporan kerja selama 1 tahun ini. Dan agar memberikan masukan dan ide guna memaksimalkan program kerja KONI pada tahun mendatang,” katanya.

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah yang diwakili oleh Sekda OKU H Darmawan Irianto menyampaikan selaku pemerintah daerah sangat mendukung program KONI OKU melalui Rakerda dan Bimtek.

“Dengan rapat kerja seperti ini kita bisa menentukan program-program tahun yang ada datang, sehingga oraganisasi bisa lebih maju lagi kedepannya,” ujar Darmawan.

Selaku pemerintah daerah lanjut Darmawan, pihaknya selalu menberikan support apapun hasil Rakerda ini.

“Apalagi KONI merupakan organisasi yang membidangi olahraga tempatnya kita membina para atlet.”

Sekarang ini sambung Sekda, Kabupaten OKU sudah banyak meraih prestasi dan banyak juga para atlet yang mengharumkan OKU mulai dari tingakat kabupaten hingga provinsi bahkan ketingkat nasional.

Nampak hadir dalam acara tersebut diantaranya, Sekda OKU Darmawan Irianto mewakili PJ Bupati OKU, Kapolres OKU yang diwakili oleh Kabag SDM Kompol Marwan, Kejari OKU yang diwakili oleh Kasi Datun Aji Marta SH, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja diwakili Panitera Alidin, SH, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya.(Zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *